IBX5980432E7F390 Mengenal Apa Itu SSD dan Perbedaan SSD Dengan HDD - Kumpulan Tutorial Software

Mengenal Apa Itu SSD dan Perbedaan SSD Dengan HDD

Saat ini sudah terdapat perangkat penyimpanan data pengganti HDD atau yang biasa kita sebut Harddisk, yaitu SSD "Solid State Drive". SSD adalah perangkat penyimpanan data yang berbasiskan Flash Memory sebagai memori yang di gunakan untuk menyimpan data atau gosip. 


SSD mampu di bilang ialah versi canggih dari USB flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti dari Harddisk. Jadi SSD adalah perangkat elektro yang berfungsi untuk menyimpan data seperti Harddisk, namun komponen nya seolah-olah flash drive yang tersusun dari beberapa Memory Flash sebagai memori.

Namun memori flash pada SSD terang berbeda dengan memori flash yang ada pada flash drive, dalam hal type dan kecepatan, Chip flash memory pada SSD mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dari pada  flashdisk, dengan kapasitas yang sama harga SSD jauh lebih mahal dari pada flashdisk. 

Lalu apa saja perbedaan Harddisk "HDD" dengan SSD, berikut adalah ulasannya : 

1. Ukuran dan Berat 

Material yang terdapat pada HDD seakan-akan platter, head, cakram. Dan lain lain menciptakan ukuran dari HDD lebih besar di banding SSD. Berbanding terbalik dengan SSD yang ukurannya relatif kecil, karena SSD komponen SSD terdiri dari beberapa Memory Flash. Dan HDD mampu sangat bising ketika di gunakan lantaran terdapat komponen bergerak di dalamnya. Sedangkan SSD tidak mengeluarkan bunyi sama sekali lantaran tidak memiliki komponen bergerak. 

2. Kecepatan Baca dan Tulis Data 

Dalam kecepatan Baca Tulis Data SSD memiliki kecepatan 8X lebih cepat di banding HDD. Sebuah komputer atau laptop yang terpasang SSD akan mempunyai kecepatan lebih dalam booting, jadi booting akan lebih cepat jikalau komputer kita terpasang SSD. Sedangkan waktu yang di butuhkan HDD untuk booting lebih usang tergantung dengan spesifikasi. Dan pastinya kecepatan booting HDD tidak lebih cepat dari SSD. 

3. Efek Yang Di Hasilkan 

HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan dampak samping yang jelek, di antaranya yaitu :

- HDD menghasilkan panas yang berlebihan
- HDD juga membutuhkan daya yang tinggi
- Seperti yang sudah saya katakan, HDD menyebabkan kebisingan

Karena SSD tidak menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang aktual, seakan-akan

- Panas atau suhu yang di hasilkan SSD tidak sepanas yang di hasilkan HDD
- Konsumsi daya SSD juga tidak sebesar HDD, bahkan sangat kecil tidak sampai 1 watt. 
- SSD tidak mengeluarkan kebisingan, lantaran SSD tidak memiliki komponen bergerak.

4. Harga 

Dalam hal harga SSD jauh lebih mahal ketimbang HDD. Sebagai perbandingan, dengan kapasitas sama, harga SSD dengan kapasitas 500 GB harganya bisa mencapai 4 - 5 juta, sedangkan HDD dengan kapasitas yang sama hanya di jual dengan harga 500 - 800 ribu saja ( tergantung merek )





Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Apa Itu SSD dan Perbedaan SSD Dengan HDD"

Post a Comment