IBX5980432E7F390 Mengenal Jenis Teknologi Layar Smartphone Yang Banyak Di Gunakan Saat Ini - Kumpulan Tutorial Software

Mengenal Jenis Teknologi Layar Smartphone Yang Banyak Di Gunakan Saat Ini

Seiring dengan berkembangnya smartphones, membuat teknologi layar sentuh yang ada pada smartphone menjadi semakin berkembang. Akan tetapi masih banyak pengguna smartphone yang masih belum mengetahui perihal teknologi layar apa yang ada pada smartphone yang mereka punya. Dan ternyata ada berbagai macam jenis layar yang di gunakan oleh kebanyakan smartphone dikala ini, di antaranya adalah. TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED, SUPER AMOLED, CLEAR BLACK DISPLAY, dan RETINA. Untuk keterangannya bisa anda lihat di bawah :

  • Layar TFT LCD 

TFT yaitu kepanjangan dari Thin Film Transistor, layar jenis ini paling banyak di temukan di Smartphone low end dan mid low. Walaupun layar jenis ini memiliki keunggulan di banding layar LCD biasa namun layar jenis ini berangsur angsur di tinggalkan, lantaran layar jenis ini mempunyai beberapa kelemahan seolah-olah view angels yang terbatas, serta tidak dapat terbaca di luar ruangan. Layar TFT biasanya juga boros konsumsi daya. 

  • Layar IPS LCD

IPS ialah kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan Sosial  In-Plane Switching. Teknologi IPS di temukan sebagai solusi atas kelemahan yang di miliki oleh layar TFT, oleh lantaran itu teknologi IPS jauh lebih baik di banding dengan layar TFT seolah-olah view angels yang lebar, kemampuan keterbacaan di luar ruang yang lebih baik, dan pastinya teknologi IPS juga lebih irit dari layar TFT

  • Layar OLED 

OLED adalah kependekan dari  Organic Light Emitting Diode, layar jenis ini juga telah banyak di gunakan oleh Smartphone ketika ini, khusus nya seri Nokia Lumia kelas Menengah ke Atas. Keunggulan layar OLED terletak pada reproduksi warna yang natural, layar sentuh menjadi semakin responsif, serta view angels yang lebih baik di banding layar tipe lain.

  • Layar AMOLED 

Singkatan AMOLED ialah Active Matrix Organic Light Emitting. Sebernarnya layar AMOLED ialah pengembangan dari layar OLED. Semua keunggulan dari layar OLED ada di dalam layar AMOLED, dan salah satu keunggulan layar AMOLED di banding layar OLED ialah dalam hal efisiensi daya, jadi layar AMOLED lebih hemat daya di banding layar OLED 

  • Layar Super AMOLED 
Layar Super AMOLED adalah versi penyempurnaan dari layar AMOLED, layar Super AMOLED di kembangkan oleh Samsung, dan banyak Smartphone Samsung yang menggunakan layar tipe ini, mulai dari kelas mid - end hingga ponsel flagship terbaru dari Samsung menggunakan layar tipe ini. 

  • Layar Clear Black Display

Clear Black Display adalah layar yang di kembangkan oleh Nokia dan di klaim memiliki view angles dan tingkat kepekatan warna hitam yang lebih baik di banding layar jenis manapun yang ada saat ini, pada dasar nya teknologi ini bekerja dengan meminimalisir refleksi dari luar melalui filter. 

  • Layar Retina Display 


Layar Retina di kembangkan oleh Apple dan telah menjadi fitur wajib untuk produk produk terbaru Apple. Teknologi ini menciptakan mata pengguna tidak bisa melihat piksel piksel yang ada di dalam layar tersebut, hal itu membuat tampilan layar menjadi lebih hidup dan lebih tajam. 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Jenis Teknologi Layar Smartphone Yang Banyak Di Gunakan Saat Ini"

Post a Comment