IBX5980432E7F390 Dampak Buruk Mematikan Komputer Tidak Sesuai Dengan Prosedur - Kumpulan Tutorial Software

Dampak Buruk Mematikan Komputer Tidak Sesuai Dengan Prosedur

Banyak dari kita yang mempunyai komputer atau laptop, tapi tahukah anda ?? Menggunakan komputer atau laptop tidak sesuai dengan prosedur akan menyebabkan kerusakan pada hardware komputer kita. Yang di maksud memakai sesuai prosedur ialah dari awal menghidupkan komputer sampai dengan mematikannya, semua harus di lakukan dengan cara yang benar dan tidak menyimpang dari mekanisme yang ada. Karena bila tidak di lakukan dengan benar, hal kecil dan sepele seolah-olah mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur mampu mensugesti kinerja dan berakibat kerusakan Hardware pada komputer kita.



Kebanyakan orang sering terburu buru ketika mematikan komputer, mereka sering mengabaikan prosedur mematikan komputer yang benar, yaitu mematikannya melalui perintah shutdown. Padahal bila kita sering mematikan komputer tanpa melakukan shutdown terlebih dahulu, akan berdampak jelek untuk hardware komputer itu sendiri. Oleh alasannya yaitu itu kita perlu mengetahui imbas jelek mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur, semoga kita bisa menjaga keawetan komputer kita. Berikut yaitu : 

Dampak Buruk Mematikan Komputer Tidak Sesuai Dengan Prosedur.


> Menyebabkan kerusakan pada Prosessor.
Processor merupakan otak komputer yang mempunyai peran penting dalam pemrosesan data. Jika komputer di matikan secara tiba datang, hal tersebut menciptakan proses pendinginan processor menjadi kurang sempurna yang mampu berakibat kerusakan pada Prosessor.

>  Selain Prosessor RAM juga Bisa Menjadi Rusak.
Ketika komputer di matikan dengan cara yang benar, maka RAM akan berada dalam keadaan kosong dan bersih, sehingga RAM masih dalam keadaan fresh ketika di gunakan kembali. Sebaliknya kalau komputer tidak di matikan dengan cara yang benar, maka RAM tidak dalam keadaan higienis atau masih tersisa cache di dalamnya. Hal ini tentu akan berakibat kerusakan pada RAM jika terus di lakukan.

> Harddisk Akan Mengalami Bad Sector
Mematikan komputer secara mendadak juga bisa menyebabkan Harddisk kita mengalami Bad Sector. Piringan harddisk yang mulanya berputar kencang datang tiba terhenti mendadak, akan menyebabkan permasalahan pada harddisk kita seolah-olah Bad Sector. Berbeda bila kita mematikan komputer dengan cara yang benar, harddisk akan terhenti secara sendirinya bersamaan dengan matinya komputer kita.

> Memicu Kerusakan Pada Power Supply 
Power Supply berfungsi untuk memberikan daya listrik ke semua hardware yang ada di dalam sebuah komputer. Mematikan komputer lewat shutdown akan memerintahkan BIOS untuk menghentikan segala hardware yang sedang berjalan termasuk power supply. Sebaliknya jika komputer tidak di matikan dengan cara yang benar, maka justru akan membuat anutan arus listrik terputus mendadak yang menimbulkan kerusakan pada power supply.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Dampak Buruk Mematikan Komputer Tidak Sesuai Dengan Prosedur"

Post a Comment