IBX5980432E7F390 Perbedaan Antara GSM dan CDMA Serta Kelebihan dan Kekurangan - Kumpulan Tutorial Software

Perbedaan Antara GSM dan CDMA Serta Kelebihan dan Kekurangan

GSM maupun CDMA mungkin sudah sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari hari, keduanya berkaitan erat dengan komunikasi. GSM dan CDMA sering kita dengar bila membahas mengenai Modem, Sim Card maupun Smartphone. Meskipun kita sering mendengarkannya bukan berarti kita tahu perbedaan antara GSM dan CDMA. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar, yang perlu anda ketahui. Terlebih bila anda ingin mencari ponsel atau modem, apakah memakai jaringan GSM atau CDMA.


Walaupun ponsel CDMA tidak terlalu banyak daripada ponsel GSM, tetapi saat ini kualitas ponsel CDMA tidak kalah dari ponsel GSM. Hal itu di buktikan dengan munculnya aneka macam seri ponsel CDMA yang memiliki spesifikasi apik dengan harga yang relatif terjangkau. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing, untuk lebih jelasnya anda mampu menyimak klarifikasi di bawah ini. 

Perbedaan GSM dan CDMA Serta Kelebihan dan Kekurangan 

- GSM adalah abreviasi dari  Global System for Mobile, GSM merupakan salah satu jenis yang bekerja dengan mengirim paket menurut timeslot atau yang di kenal dengan istilah paket waktu. Metode pengiriman data pada GSM di sebut TDMA "Time Division Multiple Access" yang mana memakai waktu sebagai mediator susukan.
  • Kelebihan GSM
  1. Jaringan luas lantaran banyak provider di Indonesia yang menggunakan jaringan GSM.
  2. Kualitas suara yang di hasilkan jauh lebih jernih di banding yang di hasilkan jaringan CDMA.
  3. GSM menghasilkan sinyal yang lebih baik, lantaran mempunyai jaringan yang luas.
  4. Banyak provider GSM di Indonesia, sehingga kita bisa memilih mana yang lebih baik.
  • Kekurangan GSM
  1. Tarif seluler yang relatif lebih mahal di banding dengan provider CDMA
  2. Sistem Keamanan yang lemah, sehingga praktis di sadap.

- CDMA adalah singkatan dari "Code Division Multiple Access" merupakan istilah komunikasi yang mengirimkan data melalui metode pengiriman dalam bentuk arahan unik, yang akan mengatur paket data yang di kirim. Dalam arti jaringan CDMA tidak praktis di sadap, karena ketika berkomunikasi, isyarat akan mengirimkan sebuah jalan masuk. Dan setiap orang mempunyai arahan yang berbeda, maka kita dapat lebih bebas berkomunikasi dengan orang lain. 
  • Kelebihan CDMA 
  1. Tarif seluler lebih murah di banding dengan provider GSM
  2. Sistem Keamanan tinggi, sehingga CDMA tidak simpel di sadap.
  3. Kualitas panggilan yang baik dan lancar.
  • Kekurangan CDMA
  1. Provider CDMA di Indonesia sangat sedikit.
  2. Jaringan CDMA terbatas, sehingga sinyal yang di hasilkan kurang baik.
  3. Jaringan komunikasi sering terganggu

Provider GSM dan CDMA kini ini bersaing ketat, walaupun bekerjsama GSM lah yang lebih unggul. Karena mungkin banyak provider GSM di Indonesia, sehingga mempunyai keuntungan tersendiri bagi konsumen. Namun keputusan ada di tangan Konsumen itu sendiri, kita bisa menentukan provider mana yang lebih baik. Jadi pintar pandailah dalam memilih provider mana yang cocok dengan anda, dan agar artikel ini bisa membantu anda dalam menentukan antara provider  GSM maupun CDMA. 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Perbedaan Antara GSM dan CDMA Serta Kelebihan dan Kekurangan "

Post a Comment