IBX5980432E7F390 Mengenal Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown Pada Sistem Operasi Windows - Kumpulan Tutorial Software

Mengenal Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown Pada Sistem Operasi Windows

Jika laptop anda terinstal system operasi Windows pasti anda sudah tidak ajaib lagi dengan namanya Sleep, Hibernate, maupun Shutdown. Ketiga fitur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda beda, dan ternyata masih banyak orang awam yang belum mengerti akan fungsi dari ketiga fitur tersebut, bahkan ada yang membiarkan komputer atau laptop di biarkan begitu saja, tanpa melakukan proses Sleep, Hibernate maupun Shutdown. Dan yang paling parah adalah menutup laptop secara pribadi begitu saja, tanpa melalui ketiga proses di atas, dan tentunya hal itu yaitu suatu hal yang salah dan mampu menciptakan laptop anda rentan akan kerusakan. Baca : Bahaya Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup Tanpa Shutdown


Dengan mengetahui fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown, kita akan menjadi tahu apa yang harus di lakukan pada saat kita meninggalkan Komputer. Dan intinya fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown adalah sama sama mematikan komputer kita, namun ketiganya mempunyai perbedaan dan fungsi yang fundamental.

Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown 

  • Sleep
Dalam bahasa Indonesia Sleep berarti tidur, itu artinya ketika kita melaksanakan proses Sleep maka seluruh komponen komputer kucuali RAM akan tertidur, ingat komputer hanya tertidur bukan di matikan. Dan pada saat anda menghidupkan kembali komputer, maka semua akan berjalan lagi seperti sebelum anda memasuki mode Sleep. Makara jika anda membuka sebuah aplikasi lalu anda masuk ke mode sleep, maka pada saat anda menghidupkan kembali komputer anda, aplikasi tersebut akan langsung berjalan, lantaran memory RAM terus berjalan dan tidak ikut tertidur.
Mode sleep menjadi pilihan yang pas jikalau anda meninggalkan komputer dalam jangka waktu yang relatif singkat, seolah-olah mandi, makan dan lain sebagainya.
  • Hibernate 
Hibernate adalah mode yang menyerupai dengan sleep, perbedaanya yaitu pada dikala komputer masuk mode sleep semua data akan di simpan di RAM, dan pada mode Hibernate data tadi akan di simpan di dalam Harddisk. Dan pada ketika anda menghidupkan kembali komputer anda, maka komputer akan kembali ke kedaan semula sebelum anda masuk mode Hibernate. Kelemahan mode Hibernate yaitu membutuhkan waktu yang relatif lebih usang di banding mode sleep, waktu yang di butuhkan untuk keluar dari mode Hibernate ialah sama seperti saat anda pertama kali Booting.

  • Shutdown 
Shutdown ialah hal yang paling sering di lakukan oleh pengguna komputer maupun laptop. Ketika kita melakukan perintah shutdown, maka seluruh aplikasi yang berjalan akan tertutup dan System Operasi juga akan di matikan, dan seluruh aliran listrik yang mengalir juga akan di hentikan. Kaprikornus semua komponen  komputer benar benar dalam keadaan mati.  Dan ketika anda menekan tombol power, maka komputer akan melalui proses Booting dan komputer akan berjalan seakan-akan biasanya.
Waktu yang sempurna pada untuk Shutdown ialah pada ketika anda meninggalkan komputer dalam kedaan lama, dan tidak ingin komputer tersambung dengan pedoman listrik. 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Mengenal Fungsi Sleep, Hibernate dan Shutdown Pada Sistem Operasi Windows"

Post a Comment