IBX5980432E7F390 Ciri - Ciri RAM Rusak Atau Bermasalah - Kumpulan Tutorial Software

Ciri - Ciri RAM Rusak Atau Bermasalah



RAM merupakan abreviasi dari "Random Acces Memory" RAM merupakan komponen terpenting bagi komputer selain processor dan motherboard, fungsi RAM adalah untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer, semakin besar kapasitas RAM maka pemrosesan data akan semakin cepat. Sama seperti Hardware lainnya RAM juga mampu mengalami kerusakan, dan hal itu merupakan sesuatu yang lumrah dan bisa terjadi kapan saja. Banyak sekali faktor yang menimbulkan kerusakan pada RAM seolah-olah faktor usia komputer, faktor usia memang dapat menjadi faktor utama kerusakan pada suatu barang, mengingat setiap barang elektronika memiliki batas penggunaan hingga komponen di dalamnya mengalami kerusakan. Lalu apa saja ciri ciri kerusakan pada RAM, berikut adalah ulasannya.

Ciri Ciri RAM Bermasalah Pada Komputer atau Laptop Anda.

  • Terjadi BSOD "Blue Screen Of the Dead" 
Blue Screen adalah prosedur Windows yang mendeteksi permasalahan yang sedang terjadi di komputer anda, BSOD biasanya muncul kalau terjadi kasus pada Driver atau Hardware komputer Windows anda. Dan kalau RAM anda bermasalah maka akan muncul pesan BSOD yang bekerjasama dengan Memory, biasanya bertuliskan "Memory Access Violation" , "Memory Could Not Be Read" , "Memory Could Not Be Written" dan lain sebagainya. 

  • Kinerja Komputer Menjadi Lambat
Ketika terjadi permasalahan pada RAM, kinerja komputer anda cenderung menjadi lambat, hal ini tentu akan menurunkan performa komputer atau laptop yang anda gunakan. Performa yang cenderung menurun dari waktu ke waktu, di tandai dengan kinerja menjadi lambat, akan menyebabkan acara penggunaan menjadi kurang nyaman dan kurang maksimal.

  • Muncul Bunyi "Beep" Saat Menghidupkan Komputer.
Pada saat komputer pertama kali di hidupkan dan tidak ada bunyi "beep", berarti komputer tersebut tidak mengalami masalah. Jika terdengar suara "beep" panjang atau berulang ulang, itu bisa menjadi mengambarkan bahwa RAM anda sedang bermasalah. 

  • Komputer Sering Mengalami Hank atau Tiba Tiba Mati Mendadak
Ciri ciri ini mampu anda ketahui ketika anda sedang memakai komputer, selain kinerja komputer yang lambat, komputer sering mengalami hank juga merupakan ciri ciri RAM sedang bermasalah. Selain hank kerusakan RAM juga mampu menyebabkan komputer datang datang mati mendadak, hal ini merupakan pertanda bahwa RAM atau Prosessor anda kepanasan dan untuk mencegah overheat, motherboard akan bereaksi dengan memutuskan semua arus listrik. 


Solusi Untuk Permasalahan RAM

Terdapat banyak hal yang dapat di lakukan terhadap RAM yang bermasalah, seolah-olah anda mampu melakukan sumbangan pertama dengan membersihkan Pin pada pecahan RAM memakai penghapus karet, tetapi anda harua menggunakan penghapus karet dengan permukaan yang bersih. Lalu pindahkan RAM tersebut ke slot yang lainnya, jikalau RAM cuma satu saja. Namun jika Solusi di atas tidak bisa mengatasi masalah yang ada, anda bisa membeli RAM yang baru.

Nah.. bagaimana? Apakah anda sudah tahu ciri ciri RAM bermasalah, agar artikel ini mampu  menjadi refrensi bagi anda yang mengalami kasus pada RAM anda, dan kalau berdasarkan anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share. Terima Kasih 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Ciri - Ciri RAM Rusak Atau Bermasalah "

Post a Comment