IBX5980432E7F390 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (bloatware) Android Tanpa Root - Kumpulan Tutorial Software

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (bloatware) Android Tanpa Root

Android merupakan System Operasi yang sangat terkenal dan paling banyak di gunakan oleh Smartphone ketika ini. Android menyampaikan aneka macam kemudahan bagi penggunanya, seperti OS yang fleksibel, aplikasi berlimpah dan masih banyak lagi. Namun di balik itu semua Android masih mempunyai kekurangan, dan salah satunya adalah terlalu banyak bloatware (aplikasi bawaan). 

Aplikasi bawaan tersebut biasanya adalah aplikasi yang berasal dari Google, seperti Play Store, Google Maps, Gmail dan lain sebagainya, namun tidak menutup kemungkinan terdapat bloatware lain selain Gapps. Banyaknya aplikasi bawaan Google memang beralasan, Google selaku pemilik Android telah menggratiskan OS miliknya untuk di gunakan oleh seluruh vendor smartphone, namun terdapat beberapa syarat yang harus di penuhi oleh vendor pabrikan jika ingin memakai Android, salah satunya ialah vendor tersebut harus menginstall aplikasi Google di seluruh smartphone Android yang di produksinya. Terlihat agak memaksa memang, namun mau tidak mau vendor tersebut harus mematuhi syarat yang telah di tentukan Google. 


Kembali ke topik. Terlau banyaknya aplikasi bawaan menciptakan memori internal semakin sesak (baca : Cara Memindahkan Data / Obb Game Dari Internal ke Eksternal) maka dari itu kita ingin menghapusnya. Namun aplikasi bawaan tidak mampu di uninstall begitu saja. biasanya jika ingin menghapus bloatware kita harus mempunyai root terlebih dahulu, namun cara yang akan saya bagikan kali ini sangatlah simpel dan tidak membutuhkan kanal root, jadi garansi Android anda tidak akan hilang. Masih ingatkah kalian dengan CCleaner, aplikasi pembersih cache terbaik android, selain dapat di pakai untuk membersihkan cache, CCleaner juga bisa di gunakan untuk menghapus bloatware. Tertarik? Oke.. berikut yaitu tutorialnya :


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root :

  • Pertama download dulu CCleaner Di Sini (link akan hidanganju ke play store)
  • Setelah terinstall buka aplikasinya.
  • Lalu tap hamburger hidangan yang ada di pojok kiri atas. Lalu pilih App Manager
  • Pada sajian App Manager terdapat 3 tab yaitu, Installed, System dan Disabled. 
  • Installed berisi aplikasi yang telah anda install baik dari Play Store maupun non Plays Store.
  • System berisi aplikasi system dan bloatware milik anda, di tab inilah kita akan menghapus aplikasi bawaan. 
PERHATIAN : Jangan sembarangan menghapus aplikasi system tanpa mengetahui terlebih dahulu fungsi dari aplikasi tersebut. 

  • Geser ke kanan hidanganju tab System. Lalu akan ada peringatan yang mengingatkan bahwa menghapus aplikasi system akan mengakibatkan masalah, jadi pastikan anda tahu apa yang anda lakukan. Tap OK
  • Lalu tap icon tong sampah. Kemudian centang aplikasi yang ingin anda uninstall.
Sekali lagi saya ingatkan. Jangan sembarangan menghapus aplikasi system, untuk jaga jaga pastikan anda telah mempunyai back-up Rom. 

  • Setelah anda yakin mengenai aplikasi yang ingin anda hapus, tap Uninstall kemudian akan muncul peringatan kedua, jikalau anda benar benar yakin tap uninstall
Jika tutorial diatas tidak work, kalian dapat mencoba alternatif lain dalam menghapus bloatware (Baca : Cara Ampuh Unisntall Aplikasi Bawaan Android) namun sebelumnya pastikan Android kalian sudah dalam keadan Root.

Dan selamat anda telah berhasil menghapus aplikasi bawaan Android tanpa Root dan memori smartphone anda akan menjadi semakin lega. 

Di sini saya tidak bertanggung jawab kalau ada kesalahan uninstall aplikasi system, lantaran aku sudah berulang kali mengingatkan. 


Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (bloatware) Android Tanpa Root"

Post a Comment