IBX5980432E7F390 Cara Merubah Tampilan Icon Aplikasi Android Menjadi Material Design - Kumpulan Tutorial Software

Cara Merubah Tampilan Icon Aplikasi Android Menjadi Material Design

Material Design yaitu salah bahasa desain yang sangat elok dan biasa di terapkan di aneka macam aplikasi Android. Seperti yang berhasil saya rangkum dari Wikipedia, Material Design pertama kali di perkenalkan oleh Google pada konfrensi Google I/O pada 25 Juni 2014, dan di terapkan pada aplikasi Google Now dengan motif "kartu" setelah itu pada tahun 2015 Google menerapkan Desain Material kepada sebagian besar aplikasi miliknya, seperti Gmail, YouTube, Google Drive, Chrome Browser, Inbox, Google Maps dan banyak lagi dan Android 5.0 Lollipop ialah versi Android pertama yang secara resmi memakai Material Design.

Mengubah Icon Aplikasi Menjadi Bergaya Material Design

Material Design membawa perubahan besar terhadap desain Android khususnya untuk Icon aplikasi, walaupun sudah banyak aplikasi yang mengimplementasikan Material Design pada iconnya namun masih banyak juga icon aplikasi yang belum menerapkan Material Design. Dan kali ini kalian mampu mengubah tampilan icon aplikasi Android menjadi bergaya Material Design dengan menggunakan aplikasi Materialize. Penasaran? Oke.. berikut yaitu tutorialnya.

Merubah Tampilan Icon Aplikasi Android Menggunakan Materialize.

  • Download dan pasang terlebih dulu aplikasi Materialize melalui tautan berikut ini. Lalu buka aplikasinya.
  • Kemudian akan terlihat aplikasi aplikasi yang terpasang di Smartphone Android kalian.
  • Lalu tap salah satu aplikasi yang ingin kalian rubah iconnya menjadi bergaya Material Design.
  • Terdapat beberapa pilihan kustomisasi yang mampu kalian pilih seolah-olah, Shape, Padding, Color. Kalian bebas mengkustomisasi icon yang telah di pilih memakai pengaturan tersebut.
  • Terakhir, kalian bisa langsung menempatkan icon yang sudah kalian edit sebelumnya di Homescreen. 
  • Kalian juga bisa meng Export atau menyimpan icon tersebut ke gallery dengan menentukan menu titik tiga vertikal dan pilih Export to Gallery. Dan icon pun tersimpan di gallery.
  • Dan kesudahannya..
Keren bukan.. sayangnya kita tidak bisa merubah icon yang ada di App Drawer hanya icon yang ada di Homescreen, hal berbeda mungkin akan terjadi jikalau Android kalian tidak mempunyai App Drawer seperti Smartphone Xiaomi, icon mungkin akan ikut berubah lantaran launcher Xiaomi tidak mempunyai App Drawer. 

Dan jikalau kalian teliti kalian akan tahu bahwa tidak ada aplikasi Google dalam list Materialize, hal itu karena aplikasi milik Google telah sepenuhnya menerapkan Material Design sehingga pengembang Materialize tidak memasukkan aplikasi milik Google kedalam list aplikasi.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Merubah Tampilan Icon Aplikasi Android Menjadi Material Design"

Post a Comment