IBX5980432E7F390 Cara Mengukur Detak Jantung Menggunakan Smartphone Android - Kumpulan Tutorial Software

Cara Mengukur Detak Jantung Menggunakan Smartphone Android

Mengukur detak jantung biasanya hanya bisa di lakukan dengan menggunakan alat khusus dan yang mengukur adalah seorang dokter, namun semenjak di ciptakannya sensor baru yang di namakan Heart Rate Sensor mengukur detak jantung dapat di lakukan di Smartphone. Tapi sangat di akungkan tidak semua Smartphone mempunyai sensor tersebut, hanya Smartphone flagship dari Samsung yang memiliki teknologi tersebut, seolah-olah Samsung Galaxy s5, Galaxy s6, Galaxy Note 4, Galaxy Note 5. 

Heart Rate Sensor di Samsung Galaxy s5 
Namun bagi anda yang ingin mengukur detak jantung, tidak perlu mahal mahal membeli smartphone dengan teknologi  Heart Rate Sensor, karena hanya dengan sebuah Smartphone Android yang mempunyai camera beserta flash anda dapat mengukur detak jantung dengan mudah. Tapi untuk mengukur detak jantung menggunakan camera dan flash tidak bisa di lakukan begitu saja, anda harus menginstall sebuah aplikasi khusus terlebih dahulu. 

Aplikasi tersebut adalah Instant Heart Rate. Dengan memakai aplikasi ini anda dapat dengan praktis mengukur detak jantung, dengan mengukur detak jantung anda mampu memantau kesehatan tubuh anda. Bagi anda yang ingin tau bagaimana cara menggunakan aplikasi ini berikut ialah ulasannya. 


Cara Mengukut Detak Jantung Menggunakan Instant Heart Rate :
  • Pertama anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu, Download Instant Heart Rate (link akan otomatis mengarah ke Play Store).
  • Lalu buka aplikasinya. 
  • Pada dikala pertama kali membukanya akan ada sebuah tutorial singkat bagaimana cara memakai Instant Heart Rate. 
  • Abaikan saja dan tap Get Started.
  • Lalu aplikasi ini secara otomatis akan menyalakan flash.
  • Untuk melakukan pengukuran detak jantung, letakkan jari anda di atas kamera dan flash, dan jangan di tekan terlalu keras, tekan saja sewajarnya. 
  • Lalu proses pengukuran detak jantung akan di mulai. 
  • Lamanya proses pengukuran tergantung dengan posisi jari anda, biasanya sekitar 30 hingga 60 detik. Setelah proses pengukuran selesai, hasil detal jantung anda akan langsung di tampilkan.

Salah satu kelemahan dari aplikasi ini adalah pada ketika jari di tempelkan di flash dan proses pengukuran berlangsung terlalu usang, maka yang terjadi yaitu jari akan terasa panas bahkan hingga terasa terbakar. Dan aku tidak tahu apakah ini hanya terjadi dengan saya atau yang lainnya juga mengalami hal yang sama. 

Well.. di balik kelemahan tersebut Instant Heart Rate merupakan aplikasi yang sangat berkhasiat karena sebuah Smartphone Android dapat di ubah menjadi alat pengukur detak jantung. 

Artikel Menarik Lainnya : 

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Mengukur Detak Jantung Menggunakan Smartphone Android "

Post a Comment