IBX5980432E7F390 Cara Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android - Kumpulan Tutorial Software

Cara Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Smartphone android yang beredar dipasaran mempunyai resolusi layar yang beragam, dan kebanyakan smartphone ketika ini mengadopsi resolusi layar 1080 pixel atau Full HD. 

Namun juga banyak smartphone flagship yang memiliki resolusi di atas Full HD, seakan-akan Galaxy S7 yang mempunyai resolusi 2K (2560 x 1440) atau bahkan resolusi layar Xperia XZ Premium yang mencapai 4K (3840 x 2160).

Tutorial Mengubah Resolusi Layar
Ilustrasi resolusi layar.

Semakin tinggi resolusi layar sebuah smartphone maka kerapatan layar (DPI) smartphone tersebut juga semakin tinggi. (Baca: Cara Merubah DPI Smartphone Android

Dan bagi kalian yang ingin meningkatkan atau menurunkan resolusi layar smartphone android terdapat sebuah trik yang dapat dipakai untuk merubah resolusi layar android. 

Tutorial Mengubah Resolusi Layar Android.


Sebelumnya pastikan smartphone Android kalian sudah dalam keadaan root.

Lalu kalian mampu download Easy DPI Changer melalui Play Store. 

Buka aplikasinya dan izinkan aplikasi menerima susukan root.


Kemudian kalian akan menerimai 2 kolom, ialah DPI Changer dan Size Changer. Untuk mengubah resolusi layar kita akan memakai kolom Size Changer. 

Lalu masukkan resolusi layar yang ingin kalian gunakan.


Setelah memasukkan resolusi layar, masukkan juga nilai DPI di kolom DPI Changer, atur semoga tampilan menjadi tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. 

Lakukan restart jika tidak ada perubahan.

Hasilnya..
Xiaomi Mi4 LTE dengan reolusi 720p
Untuk mengetahui perubahannya kalian mampu cek resolusi layar menggunakan aplikasi CPU-Z atau aplikasi lain sejenis. ( Baca: Cara Cek Spesifikasi Lengkap Smartphone )

Xiaomi Mi4 LTE dengan resolusi 2K Quad HD

Dan untuk mengembalikan resolusi ke awal kalian mampu tap reset di kolom size changer, begitu juga untuk mengembalikan DPI. 

NB: Pastikan kalian memakai resolusi dengan ratio 16:9 atau kalian bisa memakai rumus resolusi yang ada di bawah ini.

  • Resolusi: 1280x720 - DPI: 280 hingga 300.
  • Resolusi: 1920x1080 - DPI: 400 hingga 430.
  • Resolusi: 2560x1440 - DPI: 550 sampai 580.

Jika resolusi layar ditingkatkan, kalian tidak mampu melaksanakan screenshot, namun masih mampu diakali menggunakan aplikasi Screenshot Easy ( BacaCara Screenshot Tanpa Menekan Tombol )

Untuk berjaga jaga pastikan kalian mempunyai backup rom, dan aku tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. DWYOR.

Selamat Mencoba!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

1 Komentar Untuk "Cara Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android"