IBX5980432E7F390 Penyebab Komputer Sering Restart Beserta Tutorial Mengatasi - Kumpulan Tutorial Software

Penyebab Komputer Sering Restart Beserta Tutorial Mengatasi



Komputer merupakan perangkat elektro yang sangat berguna bagi kehidupan kita, lantaran dengan komputer kita bisa mengerjakan bebagai hal, mulai dari menonton film, mengerjakan peran kantor, tugas sekolah, bermain game dan banyak lagi. Tapi bagaimana bila anda sedang mengerjakan tugas datang tiba komputer anda restart dengan sendiri nya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer tiba-tiba restart. Di antaranya ialah : 

1. Prosessor mengalami kepanasan atau overheat 
Suhu normal prosessor adalah sekitar 60° hingga 90° jika melebihi suhu normal maka komputer akan mengalami blue screen dan akan restart dengan sendiri nya. Suhu prosessor yang terlalu panas juga bisa menciptakan komputer mati mendadak dan bahkan bisa menciptakan komputer mati total. 

Solusi : cara mengatasinya yaitu coba cek kembali  apakah prosessor sudah terpasang dengan benar, dan cek apakah fan dan heatsink masih bekerja dengan baik. Dan saya sarankan semoga selalu menjaga kebersihan fan.

2. Kerusakan pada memory RAM 
Kerusakan pada RAM juga dapat membuat komputer kita restart sendiri, kasus ini biasanya di tandai dengan blue screen dengan tanda pemberitahuan "dump memory"  

Solusi : pertolongan pertama yang mampu anda lakukan ialah dengan melepas RAM dan bersihkan kaki kakinya. Kemudian anda bisa memasangnya kembali

3.  Kerusakan pada vga card 
Kerusakan pada vga card juga dapat memicu imbas blue screen yang mengakibatkan komputer mengalami restart. Kerusakan vga juga mampu di tandai dengan komputer hang kemudian gambar menjadi pecah pecah  dan akhirnya komputer restart dengan sendiri nya.

Solusi : anda bisa membeli vga card yang baru atau membawa vga card tersebut ke tukang service. 

4. Hard disk mengalami bad sektor

Bad sektor hard disk juga mampu menyebabkan komputer mengalami restart sendiri, bad sector menyebabkan sistem tidak berjalan lancar di mana komputer tidak mampu membaca data dari hard disk. Bad sector dapat di akhirkan dari beberapa hal seolah-olah melemahnya magnetic, balasan guncangan atau terjatuh, susunan file tidak teratur juga mampu menyebabkan bad sector pada hard disk

Solusi : rawat dan jagalah hard disk dengan benar. Hati hati terhadap hard disk, jangan hingga menjatuhkannya. Dan atur file file berantakan yang ada di komputer kamu, dan hapus filenyang sekiranya tidak perlu.

  
5. Daya dari Power Supply tidak stabil
Power supply yang sudah bau tanah biasanya sudah tidak stabil dan kurang daya sehingga catu daya yang di hasilkan juga berkurang. Akibatnya komputer kekurangan daya untuk menyuplai seluruh komponen komputer sehingga akan menyebabkan komputer restart dengan sendiri nya.

Solusi : sangat di anjurkan untuk mengganti nya dengan power supply yang baru. Tidak perlu mahal yang penting bisa menyalurkan daya dengan baik.


Dan itulah tipa yang dapat saya berikan, semoga mampu bermanfaat bagi kita semua dan kalau masalah belum bisa di atasi, sangat di anjurkan untuk membawa komputer anda ke kawasan service terpercaya.



Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Penyebab Komputer Sering Restart Beserta Tutorial Mengatasi"

Post a Comment